HATI-HATI! Iklan Facebook Menyesatkan, Strategi Propaganda “Israel” Berbahasa Indonesia


Sekilas kalau kita lihat iklan facebook disamping tampak foto Ustad Tifatul Sembiring yang juga terkenal sebagai aktivis Anti israel dengan tulisannya yang mengajak untuk TIDAK mengunjungi halaman Israel berbahasa Indonesia. Sekilas orang yang membacanya akan berfikir ini adalah seruan agar kita tidak mendukung israel. Mungkin ada juga yang berfikir kalau ini dilakukan oleh Ust. TIfatul sendiri sehingga bisa saja langsung me”like”nya. Itu juga yang hampir saya lakukan beberapa saat yang lalu sebelum menulis tulisan ini, kalau saja saya tidak tersadar dengan keganjilan pada judul iklan ini, karena judul iklan facebook biasanya adalah nama halaman itu sendiri. Setelah saya lihat ternyata isinya adalah info atau berita dalam negeri tentang negara israel dalam bahasa Indonesia yang cukup baik tata bahasanya. Jelas ditulis kalau ini adalah halaman resmi pemerintah israel, dan yang membuat saya heran dan sedikit kaget ternyata ada 7 orang teman saya yang menyukai halaman ini. Beberapa orang diantaranya sy kenal sebagai seorang muslim yang baik bahkan ada yang menjadi aktivis dakwah… kok bisa jadi penggemar israel????

Jangan kaget… kalau ternyata iklan ini adalah buatan israel sendiri yang sengaja ingin menyesatkan orang Indonesia guna mendapat citra baik dari orang Indonesia dengan membuat seolah-olah banyak orang Indonesia yang mendukung mereka. Karena sesaat iklan ini akan mengundang keinginan orang yang setuju dengan ide iklannya akan mengklik tombol “like” dengan maksud menyukai iklan/seruan pak Tifatul. Tapi sebenarnya… kalau kita mengklik kata “like” pada iklan tersebut, otomatis kita sudah menjadi fans dari halaman israel Berbahasa Indonesia. Ini adalah cara menyesatkan yang digunakan israel untuk mendapat pengikut dari halaman ini dengan membuat orang tidak sadar menjadi pengikut alias pendukung halaman ini. Disamping itu dengan cara ini justru akan membuat sebahagian orang menjadi penasaran dan ingin mengunjungi halaman tersebut walaupun sekadar ingin tahu. Dengan mencomot foto dan nama pak Tifatul Sembiring mereka menipu orang Indonesia.


Beberapa orang mengatakan pada saya bahwa mereka sengaja nge”like” halaman ini untuk memantau perkembangannya…. Saya sarankan JANGAN PERNAH MENJADI FANS HALAMAN INI DENGAN ALASAN APAPUN! Karena kalau menjadi fans berarti kita telah menyumbang popularitas pada halaman ini dan anda termasuk dalam hitungan jumlah “Orang yang menyukai ini”. Kalau hanya sekedar ingin tahu perkembangannya dan anda memang punya kapasitas dan kepentingan untuk tahu cukup dengan mengunjungi halaman ini sesekali saja TANPA MENJADI FANS/PENGGEMAR!!!…. 


Dan sepertinya strategi ini cukup berhasil, terbukti dengan didapatnya lebih dari 166ribu penggemar yang telah nge”like” halaman ini pada saat saya menuliskan artikel ini.


Halaman yang saya kunjungi dalam kondisi login facebook.

Dan bisa jadi kebanyakan tidak sadar kalau sudah menjadi penggemar atau pendukung halaman propaganda israel ini. Karena itu juga pengakuan salah seorang teman yang merasa tidak pernah menjadi penggemar halamani ini setelah saya inbox dan sarankan untuk keluar dari menjadi fans israel.

Bagaimana dengan Anda??? jangan-jangan anda juga telah menjadi penggemar halaman israel berbahasa Indonesia. Cek sekarang juga di http://www.facebook.com/pages/Israel-Berbahasa-Indonesia/224287984248528 dalam kondisi login facebook kalau tombol “suka”/”like” yang berada disamping kanan judul halaman telah hilang berarti anda telah menjadi penggemar halaman ini. Untuk keluar geser scrol kebawah dan temukan menu bertuliskan “Tidak suka”/”unlike” pada deretan menu paling kiri diposisi paling bawah lalu klik. Jangan lupa cek juga apakah ada teman anda yang telah bergabung dihalaman ini. Lihat dipojok kanan atas, bila ada ajaklah untuk keluar dari menjadi penggemar alias pendukung insrael. Jika anda merasa perlu, sebarkan artikel ini…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: