More than Winner, lebih dari sekedar menjadi juara


Lazimnya, seorang juara adalah yang memenangkan sebuah persaingan. Namun seorang juara sejati bukanlah yang hanya berorientasi pada kemenangan dirinya sendiri saja. Seorang Juara sejati haruslah bisa menjadi yang paling signifikan, memberikan kontribusi untuk orang lain. Seorang juara sejati adalah yang dapat menciptakan juara-juara berikutnya, bukan hanya menciptakan kejayaan untuk dirinya sendiri.

Bukanlah seorang Juara sejati jika ia menang dengan menghalalkan segala cara. Justru orang yang menang dengan menggunakan cara-cara culas itulah pecundang yang sebenarnya. Karena ia mendapatkan kemenangan dengan menggunakn cara-cara seperti seorang pengecut yang tidak pede dengan dirinya, bukan cara seorang Kesatria.

Mengalami kekalahan atau kegagalan dalam sebuah proses adalah hal yang biasa. Orang yang sukses bukanlah orang yang tidak pernah mengalami kegagalan. Tetapi orang yang sukses adalah yang selalu bisa bangkit dari kegagalan.

Ada sebuah kisah dari arena Paralympic Games. Yaitu Olimpiade olah raga untuk orang-orang yang (maaf) cacat, baik itu buta, tidak punya tangan atau yang berjalan dengan kaki palsu.  Dalam cabang olah raga lari, para peserta sudah bersiap siap untuk berlari dan ketika tanda di bunyikan maka seluruh peserta langsung berlari menuju garis finish.

Tidak lama setelah start tiba-tiba seorang peserta terjatuh dan ia jadi tertinggal oleh peserta yang lain. Spontan lalu ia menangis karena mungkin ia merasa telah kehilangan harapan untuk menang karena terjatuhnya itu. Diluar dugaan ada peserta yang mengetahui bahwa ada peserta lain yang terjatuh lalu iapun melihat kebelakang dan akhirnya menghentikan larinya. melihat yang ia lakukan akhirnya satu persatu peserta lainpun berhenti untuk mengetahui apa yang terjadi. Akhirnya merekapun berbalik dan mendekati peserta yang terjatuh tadi. Para penontonpun bingung dengan yang mereka lakukan.

Setelah dekat dengan peserta yang terjatuh tersebut, ternyata… mereka datang untuk mengulurkan tangan mereka menarik temannya yang terjatuh untuk bangkit dan akhirnya mereka berlari bersama-sama bergandengan tangan menuju garis finish.

Seluruh penonton pun bertepuk dan bersorak melihat apa yang terjadi saat itu. sebuah pemandangan yang sangat indah dan mengharukan. Bukankah ini yang kita Impikan? tetapi sering kita abaikan. Sebuah kemenangan yang sesungguhnya… kemenangan yang sejati… KEMENANGAN UNTUK SEMUA…

Satu Tanggapan to “More than Winner, lebih dari sekedar menjadi juara”

  1. Membuat Blog Says:

    Memang keberhasilan yang diraih bersama-sama akan terasa jauh lebih nikmat daripada hanya kita rasakan sendiri. Karena itu kita harus selalu berbagi dengan orang di sekitar kita….ilmu, nasehat, dan pengalaman hidup…untuk kemenangan sejati.🙂
    Buat Blog


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: